Home » , , » Peranan Pers dalam masyarakat Indonesia

Peranan Pers dalam masyarakat Indonesia

Written By Ahmad Romadhon on Rabu, 04 Januari 2012 | 12.13.00

Pers
Pers merupakan sarana memperoleh berita dan informasi dalam masyarakat yang modern . Fungsi dan peranan pers secara umum adalah memberi informasi , mendidik masyarakat , memberikan kontrol , perkemmenghubungkan atau menjebatani antara pemerintah dan masyarakat , serta memberi hiburan kepada masyarakat pembaca atau pemirsanya.

Pers yang ada di negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila berperan sebagaipenyampai informasi yang efektif dan sarana komunikasi yang bertanggung jawab . Dalam pers Pancasila , berita yang ideal adalah berita yang bersumber pada fakta yang benar dan disusun secara wajar dan tidak didramatisasi.

Perkembangan pers di Indonesia dimulai saat pertama kali surat kabar "Bataviasche Novelles en Politique Raisonemnetan" yang terbit 7 agustus 1774 . Selama penjajahan Belanda dan Jepang, tidak mengalami perkembangan yang berarti karena ketatnya pengawasan oleh pemerintah penjajah .

Sistem pers di Indonesia menganut sistem bercorak otoriter yang terjadi pada tahun 1956-1965 , dan sistem orde baru (1967-1997) yang keduannya tidak jauh berbeda , yaitu cenderung berpihak pada kepentingan pengusaha pemerintahan . Pada era reformasi , dunia pers lebih longgar dengan dikeluarkannya Undang - undang Pers No. 40 tahun 1999.

Kode etik adalah norma khusus yang berlaku pada profesi tertentu . Norma yang berupa kode etik berbeda dari hukum . Apabila hukum dibuat oleh lembaga yang berwenang secara resmi dalam negara , sedangkan kode etik dirumuskan semacam kesepakatan para anggota profesi . Sanksi bagi pelanggaran hukum dipaksakan oleh negara sedangkan kode etik bersifat otonom yang artinya hati nuraninya sendiri yang merasa bersalah.

Penggunaan media massa yang menyimpang dari norma - norma dalam masyarakat , kode etik jurnalistik , kode etik wartawan , dan peraturan perundang - undangan dapat mengakibatkan kerugian itu dapat menimpa perseorangan , masyarakat , bangsa , dan negara .


Asas - asas kode etik jurnalistik persatuan wartawan Indonesia , adalah :
1. Asas profesionalitas
2. Asas nasionalisme
3. Asas demokrasi
4. Asas Religius


Iklan Adalah publikasi atau penyiaran yang berupa reklame , pemberitaan atau pernyataan dengan menyewa sesuatu ruangan dengan maksud memperkenalkan atau memberitahukan sesuatu melalui media pers . Iklan yang dimuat dalam media pers Indonesia haruslah yang bersifat amoral , asosial , dan sesuai dengan kepribadian serta sopan - santun yang berlaku dalam masyarakat Indonesia.

Upaya dalam pengendalian kebebasan pers , antara lain dengan cara :
1. Menyempurnakan peraturan perundang - undangan selaras dengan era reformasi
2. Memfungsikan pembinaan profesi wartawan
3. penegakan supermasi hukum
4. meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan hak asasi manusia.
Share this article :

2 comments:

Berikan Komentar Anda sesuai etika. No SPAM, No SARA. U comment I Follow



Send articles as PDF to
 
Support : Android-Byar | Science-Byar | Your Link
Copyright © 2013. romadhon-byar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
:)