Home » , , , , , , » Perkembangan Islam di Dunia

Perkembangan Islam di Dunia

Written By Ahmad Romadhon on Sabtu, 03 Maret 2012 | 17.59.00

Postingan ini adalah Bab 11 lanjutan dari Bab 10 tentang "Perkembangan Islam di Indonesia" . Nah , Pada bab 11 ini dijelaskan mengenai "Perkembangan Islam di Dunia" . Meskipun ilmu ini sedikit tetapi mudah-mudahan menjadi berkah bagi kita semua yang membacanya ... Amin ... ^_^ 

Ilustrasi

PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA
A.Menjelaskan Perkembangan Islam di Dunia
Islam termasuk agama terbesar di dunia. Dalam 20 tahun terakhir , jumlah umat Islam di dunia telah meningkat.Menurut data yang dihasilkan dari 232 negara dan kawasan, Indonesia adalah Negara muslim terbesar di dunia.

Kaum muslim di negeri ini berjumlah 203 juta jiwa atau 13% dari seluruh muslim dunia. Setelah Indonesia Negara muslim ter besar kedua adalah Pakistan (174 juta), India (161 juta), Bangladesh (145 juta), Iran (74 juta), dan Turki(74 juta).

Apabila dijumlah kaum muslimin di enam Negara tersebut mencapai 85% dari keseluruhan jumlah muslim di Asia, berarti 53% dari jumlah penduduk muslim sedunia.Adapun rincian penyebaran penduduk muslim adalah Asia Tenggara 26%, Asia Tengah-Barat 24%, Timur Tengah dan Afrika Utara 20 % (315 juta), Sub Saharan Afrika 240 juta (15 persen).
 
1.OKI (Organisasi Konferensi Islam)
OKI berdiri pada Mei 1971 M. Organisasi ini merupakan wadah untuk menyatukan tekad negeri-negeri Islam. Adapun misi utama OKI adalah mengampanyekan solidaritas Islam dan kerja sama antara Negara Islam.


2.Kaum Muslim di Benua Asia
a.Republik Indonesia
Muslim di Indonesia mencapai 90%. Umat Islam Indonesia mayoritas beraliran Ahlusunah Waljamaah (Suni). Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 melalui para guru sufi, pengembara, pedagang, dan ulama dari Arab, Persia, dan pesisir anak benua India. Kesultanan Islam di Indonesia muncul pada abad ke-13 sampai abad ke-17.

b.Pakistan
Pemeluk agama islam Pakistan mencapai 97%. Terdiri dari suni 77 % dan syiah 20%. Agama islam masuk ke Pakistan melalui usaha ekspansi penguasa Afghanistan. Negara Islam Pakistan baru berdiri pada tanggal 14 Agustus 1947. Muhammad Ali Jinnah (1876-1948) sebagai presiden pertama Negara ini.

c.India
Kaum muslim di Negara India mencapai 12% dari jumlah penduduknya. Islam masuk ke India sejak abad pertama Hijriah. Kedatangannya melalui ekspedisi Khalifah Umar bin Khattab. Bangunan bersejarah di India banyak yang berdiri seperti Benteng Merah, Masjid Jamik, Istana di Delhi dan Lahore, serta Taj Mahal di Agra.

d.Bangladesh
Pemeluk Islam Bangladesh mencapai 83% dari total jumlah penduduk. Islam masuk ke wilayah ini pada tahun 637 M. Sejak abad ke-11 Islam di kenal luas di Bangladesh. Mayoritas muslim Bangladesh beraliran Suni dengan mazhab Hanafi. Jumlah selebihnya adalah Syiah Ismailiyah.

e.Iran
Pemeluk Islam di Iran mayoritas beraliran Syiah, tetapi ada juga penganut Suni. Islam masuk ke Iran pada masa Khalifah Umar bin Khattab (637 M).

f.Cina
Masuknya Islam di Cina semenjak zaman Khalifah Usman bin Affan.

g.Thailand
Islam di Thailand berjumlah sekitar 10%.

h.Yaman
Yaman merupakan salah satu wilayah tertua yang menyimpan berbagai sejarah perkembangan agama Islam. Beberapa kerajaan besar pernah berdiri seperti Himyar, Saba’, dan Habsyah.

i.Hongkong
Di Hongkong terdapat 5 masjid dan pusat pengembangan Islam. Keberadaan komunitas Islam Hongkong dibawa oleh pemerintahan Inggris pada pertengahan abad ke-19. Salah satu komunitas muslim yang berkembang di Hongkong adalah mereka yang berasal dari kelompok Syiah.


3.Kaum Muslim di Benua Afrika
a.Mesir
Islam yang ada di Mesir beraliran Suni. Islam masuk ke Mesir pada masa Khalifah Umar bin Khattab yang mengangkat Amr bin Ash sebagai gubernur. Pada masa kerajaan Dinasti Fatimiyah, berdiri Universitas al Azhar pada tahun 972 M.

b.Nigeria
Jumlah kaum muslimin di Nigeria mencapai 50% dari total jumlah penduduk. Islam masuk ke Nigeria melalui para pedagang dari selatan Afrika. Penyebarannya dimulai pada abad ke-10.

c.Aljazair
Hampir semua penduduk Aljazair muslim. Pemeluk Islam di Aljazair beraliran Suni. Islam masuk ke Aljazair pada masa Bani Umayyah (682 M).


4.Kaum Muslim di Benua Eropa
a.Turki
Lebih dari 90% penduduk Turki beragama Islam. Islam masuk ke Turki sejak abad ke-1 Hijriah. Turki menghapuskan Islam sebagai agama resmi Negara sejak 1928. Namun, Islam tetap berkembang sangat pesat hingga sekarang.

b.Jerman
Negara ini memiliki penduduk muslim terbesar kedua di Eropa. Masjid pertama yang didirikan adalah di Frangfurt dan Hamburg pada tahun 1950-an. Kedua masjid ini didirikan oleh gerakan Ahmadiyah.

c.Inggris
Inggris menjadi negara Eropa yang memiliki penduduk muslim terbesar ketiga di Eropa. Pada tahun 1980-an muncul organisasi The Council of Moques in UK and Eire (Dewan Masjid Inggris dan Irlandia). Berdiri pula Council of Imams and Mosques (Dewan Imam dan Masjid).

d.Eropa Tenggara
Di Hongaria, kaum muslim pertama kali masuk pada saat tentara Turki Usmani menduduki sebagian wilayah Negara ini antara 1526 M dan 1699 M. Komunitas muslim yang terbesar di Eropa Tenggara terdapat di Hongaria, Rumania, Yunani, Albania, Bulgaria, dan bekas Yugoslavia.

e.Belanda
Islam di Belanda pertama kali dibawa oleh imigran asal Indonesia pada tahun 1945.

f.Prancis
Jumlah penduduk muslim di Prancis mencapai 57 juta jiwa. Kaum muslim Prancis berasal dari Maroko, Aljazair, dan Tunisia. Sisanya berasal dari Afrika, Laut Hitam, dan Asia Tengah.


5.Kaum Muslim di Benua Amerika
a.Kanada
Pada pertengahan abad ke-19, imigrasi muslim ke Kanada dilakukan. Sebagian besar mereka berasal dari Suriah dan Asia Selatan. Masjid yang pertama kali berdiri di Kanada adalah ar Rasyid di Edmonton, Alberta didirikan pada tahun 1931. Di negeri ini juga terdapat beberapa organisasi Islam. Diantaranya Canadian Council of Muslim Women (Dewan Kanada untuk Kaum Perempuan Muslim), Muslim World League (Rabithah al’Alam al Islami, Liga Dunia Islam), dan ada juga berbagai organisasi kemahasiswaan Islam.

b.Amerika Serikat
Kaum muslim AS terdiri dari para imigran, orang Amerika keturunan Afrika, penduduk keturunan Eropa yang masuk Islam, dan para pendatang sementara (mahasiswa, diplomat, dll).

c.Argentina
Argentina adalah Negara yang penduduk muslimnya terbanyak dibanding Negara-negara di kawasan Amerika Latin. Di Buenos Aires, ibu kota Argentina, telah berdiri sebuah masjid besar pada tahun 1989. Syiar Islam semakin marak di Argentina setelah sebuah pusat kajian Islam yang diberi nama The King Fahd Islamic Cultural Center, dibangun pada tahun 1996.

d.Peru
Di Peru terdapat organisasi yaitu Asociacion Islamica del Peru dan Musulmanes Peruanos of Naqshbandi Haqqani. Organisasi dan lembaga ini membina kegiatan sosial keagamaan sekaligus menjalin hubungan dengan kalangan agama lain.

e.Australia
Sekitar 36% dari jumlah penduduk muslim Australia di antaranya lahir di Australia. Jumlah penduduk muslim Australia kebanyakan terdapat di sekitar Sydney dan Melbourne. Di komunitas akademik dibuka program studi atau kajian mengenai Islam di Universitas Western Sydney (UWS).


B.Mengidentifikasi Peristiwa-Peristiwa Penting dan Tokoh-Tokoh yang Berprestasi dalam Perkembangan Islam di Dunia
  1. Di Jerman pada tahun 1960-an kaum muslim banyak mendirikan organisasi-organisasi.
  2. Pada tahun 1975 dibentuk Federatie van Moslim Organisaties in Nederland (Federasi Organisasi Muslim di Belanda).
  3. Di Liverpool kaum muslim terdiri dari muslim Afrika Barat. Pada tahun 1901 seorang bangsawan Inggris yang muslim bernama Abdullah (Henry William) memelopori pembangunan masjid yang sangat aktif.
  4. Di Prancis banyak berdiri organisasi muslim, yang paling terkenal adalah FNMF (Federasi Nasional Muslim Prancis), UIOF (Organisasi Islam Prancis), dan AEIF(Persatuan Mahasiswa Islam di Perancis).
  5. Pada tahun 1980-an muncul organisasi The Council of Moques in UK and Eire (Dewan Masjid Inggris dan Irlandia). Selain itu, muncul pula Council of Imams and Mosques (Dewan Imam dan Masjid).

C.Mengambil Ibrah dari Pengetahuan Perkembangan Islam di Dunia
Dengan mengetahui perkembangan Islam di dunia, kita dapat mengambil beberapa manfaat, diantaranya:
  1. Tumbuh rasa ukhuah islamiah
  2. Dapat belajar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari para penyebar Islam
  3. Bersyukur kepada Allah

D.Meneladani Tokoh-Tokoh yang Berprestasi dalam Perkembangan Islam di Dunia
1.Abdullah (Henry William)
Beliau adalah seorang bangsawan Inggris. Melalui masjid Abdullah hendak memulai dan mengembangkan dakwah Islam di tanah Inggris. Beliaulah yang mempelopori dakwah dari kalangan bangsawan.

2.Hazrat Inayat Khan
Beliau adalah guru sufi asal India. Walaupun beragama Islam, tetapi beliau sangat menghormati agama lain. Beliau tidak membeda-bedakan antara muslim dan bukan muslim. Pemikiran yang paling populer dikemukakannya adalah tentang cinta. Menurutnya, Allah swt. menciptakan dunia dan isinya untuk mencintai diri-Nya.

3.Malcolm X
Malcolm X lahir pada tanggal 19 Mei 1925 M di Omaha, Nebraska. Nama aslinya adalah Malcolm Little. Pada tanggal 28 Juni 1964 Malcolm X mendirikan Organization of Afro-American Unity. Ia gencar mengkampanyekan antiras, antidiskriminasi, dan memperjuangkan nilai-nilai Islam. Berbagai wilayah di Amerika telah ia kampanyekan. Namun pada saat akan memberi ceramah di New York, Malcolm X ditembak 3 orang Afrika-Amerika. Ia pun tewas pada tanggal 21 Februari 1965. Tidak ada yang tahu siapa dan apa di balik kematiannya.

Video tentang Islam di Jepang (Tambahan)



Share this article :

6 comments:

  1. alhamdulillah perkembangan Islam di dunia tambah maju :27
    semoga untuk berikutnya Islam akan berkembang lebih luas lagi :46

    BalasHapus
  2. @Fairuz Hilwa Shahab : Amin ... ^_^

    BalasHapus
  3. Innaddina 'indalllohil Islam
    Al Islaamu ya'lu wala yu'la alaih

    BalasHapus
  4. sebetulnya banyak data bahwa muslim didunia menurun, setelah membaca berita diatas sangat menggembirakan bahwa ada yang memberitakan bahwa muslim didunia ternyata mengalami perkembangan yang pesat dibeberapa negara di dunia barat

    BalasHapus
  5. @Anonim : Benar Gan, Islam makin lama makin berkembang pesat dan akhir2 (bulan romadhon) ini stasiun televisi banyak sekali yg memberitakan tentang ini. :)

    Thanks atas komen dan kunjungannya :)

    BalasHapus

Berikan Komentar Anda sesuai etika. No SPAM, No SARA. U comment I Follow



Send articles as PDF to
 
Support : Android-Byar | Science-Byar | Your Link
Copyright © 2013. romadhon-byar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
:)