Home » » Perbedaan CD-Rom, DVD Rom dan Blu-Ray

Perbedaan CD-Rom, DVD Rom dan Blu-Ray

Written By Ahmad Romadhon on Minggu, 07 Oktober 2012 | 22.20.00

CD (Compact Disc) adalah media yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data dalam bentuk piringan kompak dari jenis piringan optik. Ukuran data yang dapat disimpan pada media ini adalah 700 MB (standarnya). Biasanya CD bisa dibaca lewat CD-ROM (Compact Disc - Read Only Memory). CD-ROM sendiri adalah sebuah hardware yang berfungsi hanya untuk membaca file yang terdapat pada CD saja. Sekarang CD-ROM bukan hanya dapat membaca CD saja, tetapi juga bisa menulis pada CD tersebut, hanya saja pada CD-RW saja.

DVD-ROM adalah perangkat keras yang mampu membaca kepingan CD dan juga mampu membaca isi kepingan DVD, tetapi DVD-ROM dapat hampir semua jenis CD dan DVD kecuali DVD-RAM yang biasanya membutuhkan Drive DVD-RW (RW = Read Write).

Blu-ray adalah sebuah format cakram optik yang berfungsi untuk penyimpanan media digital. Blu-ray sendiri diambil dari laser biru dan ungu yang biasa digunakan untuk membaca serta menulis cakram jenis seperti ini. Blu-ray dapat menyimpan data lebih banyak dari pada DVD maupun CD, karena panjang gelombang dari laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm (nanometer) yang dimana lebih pendek dibandingkan dengan laser merah. Panjang gelombang DVD hanya 650 nm.

Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Berikan Komentar Anda sesuai etika. No SPAM, No SARA. U comment I Follow

 
Support : Android-Byar | Science-Byar | Your Link
Copyright © 2013. romadhon-byar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
:)