Home » » Augmented Reality

Augmented Reality

Written By Ahmad Romadhon on Minggu, 02 Desember 2012 | 07.20.00

Augmented Reality - www[dot]romadhon-byar[dot]com
Augmented Reality
Setelah membaca artikel ke sana - sini tentang "Augmented Reality" akhirnya saya mulai mengerti apa itu "Augmented Reality" atau biasa di sebut dengan AR. Sejarah tentang Augmented Reality dimulai sejak tahun 1957 - 1962. Pada saat itu seorang penemu yang bernama Morton Heilig menciptakan sebuah simulator yang disebut dengan "Sensorama". Pada tahun 1966, Ivan Sutherland menemukan head - mounted yang ia sebut dengan jendela ke dunia virtual. Tahun 1975 seorang ilmuan yang bernama Myron Krueger menemukan videoplace yang memungkinkan para pengguna dapat berinteraksi langsung dengan objek virtual. Pada tahun 1989, Jaron Lanier memperkenalkan virtual reality di dunia maya yang bersifat komersial. Pada tahun 1992 Augmented Reality digunakan untuk melakukan pada pesawat dan tahun yang sama Rosenberg mengembangkan fungsi sistem AR yang disebut dengan Virtual Fixture. 

Pada tahun yang sama juga Steven Feiner, Blair Maclntyre dan doree seligman, memperkenalkan Major Paper yang berguna untuk perkembangan Prototype AR. Selanjutnya pada tahun 1999 Hirokazu Kato mengembangkan sebuah ArToolkit. Lalu pada tahun 2000 Bruce.H. Thomas mengembangkan ARQuake yaitu sebuah Game Mobile AR. Tahun 2008, Wikitude AR Travel Guide memperkenalkan Android G1 Telephone yang berteknologi AR. Pada tahun berikutnya Saqoosha memperkenalkan FlarToolkit yang membuat teknologi AR dapat di pasang di sebuah website. Pada tahun yang sama Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi "Augmented Reality" pada platform Android. Tahun berikutnya (2010), Acrossair menggunakan teknologi "Augmented Reality" pada IPhone 3GS.

Nah, Augmented Reality sendiri adalah sebuah konsep pelapisan konten visual yang di mana konsep tersebut di atas pemandangan dunia nyata seperti yang terlihat melalui sebuah kamera atau bisa juga diartikan sebagai gabungan antara dunia virtual dengan dunia nyata. 

Bagaimana prinsip kerja sistem "Augmented Reality" ini bekerja? Prinsip kerja sistem "Augmented Reality" yaitu bekerja berdasarkan deteksi citra pada sebuah Marker atau kertas. Marker itu sendiri berbentuk seperti kotak persegi yang di dominan oleh warna hitam dan putih.

"Augmented Reality" dapat diterapkan dalam bidang:
  1. Kedokteran
  2. Hiburan
  3. Latihan Militer
  4. Engineering Design
  5. Robotics dan Telerobotics
  6. Consumer Design

Contoh  dari "Augmented Reality"
Augmented reality - www[dot]romadhon-byar[dot]com
Contoh Gambar 1
Augmented reality - www[dot]romadhon-byar[dot]com
Contoh Gambar 2

Jika masih belum paham tentang "Augmented Reality" lihat Video ini sejenak.




Share this article :

2 comments:

  1. gan mana link exchange u, yang dulu kena hapus???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry Gan, soalnya kemarin ane hapus buat persyaratan daftar Google Adsense :) hehehe tapi ane save kok postingannya.

      ini linknya : www.romadhon-byar.com/2013/01/tukaran-link.html

      Hapus

Berikan Komentar Anda sesuai etika. No SPAM, No SARA. U comment I Follow



Send articles as PDF to
 
Support : Android-Byar | Science-Byar | Your Link
Copyright © 2013. romadhon-byar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
:)