romadhon-byar

Hal kecil pun bisa menjadi Ilmu.

Komputasi Hijau dan Awan

2 komentar
Green Computing 
Komputasi Hijau
Green Computing , hijau IT atau ICT Keberlanjutan, mengacu pada komputasi yang ramah lingkungan atau IT. Dalam artikel Hijau Memanfaatkan IT: Prinsip dan Praktek.
San Murugesan mendefinisikan bidang komputasi hijau sebagai "studi dan praktek perancangan, manufaktur, menggunakan, dan membuang komputer, server, dan terkait subsistem-seperti monitor, printer, penyimpanan".
Perangkat, dan jaringan dan sistem komunikasi - efisien dan efektif dengan dampak minimal atau tidak ada pada lingkungan.

Download Filenya dalam bentuk MS Power Point 2003


Tujuan dari komputasi hijau mirip dengan kimia hijau, "mengurangi penggunaan bahan berbahaya, memaksimalkan efisiensi energi selama hidup produk, dan mempromosikan daur ulang atau biodegradabilitas produk mati dan limbah pabrik". 
Penelitian terus ke daerah-daerah kunci seperti membuat penggunaan komputer sebagai energi-efisien mungkin, dan merancang algoritma dan sistem untuk efisiensi yang berhubungan dengan teknologi komputer.

    Green Computing bisa jabarkan sebagai cara untuk mengefisienkan kerja dan proses dari komputer, terutama efisien dalam masalah penggunaan energi.

    Meskipun arti dan jangkauan Green Computing bisa lebih besar dan luas lagi, misalnya green computing untuk mengurangi deforestasi hutan, dengan cara mengganti produk cetak menjadi produk digital, misalnya mengganti buku cetak menjadi buku elektronik (ebook) atau mengalihkan bank dengan sistem konvensional yang membutuhkan kertas-kertas menjadi internet banking.


Cara Kerja Green Computing
    Cara kerja Green Computing di bagi menjadi 4 level, yaitu low, medium, high, dan extreme pada masing - masing level akan kita pisahkan menjadi 2 bagian yaitu untuk PC desktop dan Laptop:

Low 
PC Desktop
Menggunakan komputer dalam waktu cukup lama, namun menghindari menggunakan applikasi atau game yang memakan resource besar dalam waktu lama.
Mengecilkan contrast,brightness, dan volume speaker komputer.
Laptop 
Menggunakan mode power saving.
Menghindari menggunakan dalam waktu lama applikasi maupun game yang membutuhkan sumber daya besar.

Medium 
PC Dekstop 
Menggunakan komputer dalam waktu cukup lama, namun menghindari menggunakan applikasi atau game yang memakan resource besar dalam waktu lama.
Mengecilkan contrast, brightness, dan volume speaker komputer.
Mengaktifkan automatic screen saver pada waktu yang tidak lama, namun pilih screen saver dengan latar belakang hitam, dan keseluruhan warna yang tidak contrast.
Menggunakan tools yang bisa meminimalisir konsumsi daya, misalnya Local cooling.
Aktifkan power menu sleep mode(menghemat kira-kira 70% energi) atau standby (menghemat lebih dari 85% energi) jika komputer dalam keadaan tidak digunakan.
Laptop 
Sama dengan poin-poin di PC Desktop.

 
High 
PC desktop 
Melakukan hal yang sama pada level medium.
Mengganti monitor CRT dengan monitor layar datar(flat screen) hal ini akan menghemat daya hingga 70%.
Gunakanlah PC maupun printer dengan merk dan jenis yang sama, hal ini tidak akan berdampak langsung pada energi.
Energi Bintang
Selalu beli hardware dengan lambang Energy Star.
Bersihkan komponen dalam CPU casing dari debu, karena debu akan menurunkan kinerja komputer anda.
TurnOff layar komputer anda jika tidak digunakan, misalnya jika anda sedang scanning virus, dan butuh waktu lama, maka bisa saja anda melakukan turn off pada monitor anda.
Jika sedang sibuk mengerjakan sesuatu di komputer, namun ada sebuah urusan penting yang menharuskan anda tidak menetap lagi di depan komputer, maka lakukanlah hibernate komputer anda.
Jangan lupa selalu untuk turn off komputer anda tatkala anda sedang tidak membutuhkannya.
Laptop 
Melakukan hal yang sama pada level medium.
Atur automatic sleep pada layar monitor maupun hardisk.
Cek selalu apakah ada service yang tidak digunakan, namun tetap hidup, contohnya bluetooth atau juga wireless, jika tidak digunakan segeralah turnoff.
Sebisa mungkin minimalisir fungsi bluetooth,infrared (IrDA),wireless, dan alat untuk komunikasi data lainnya, gunakan seperlunya saja.
Lepas atau unplug segera MMC, USB flashdisk, dan memory external lainnya yang sudah tidak digunakan lagi.
Gunakan protector untuk laptop, seperti LCD protector, keyboard and touchpad protector, dll.
Selalu hibernate komputer anda (hemat hingga 98% energi) atau lakukan shut down jika benar-benar sudah tidak di gunakan.


Extreme 
PC Desktop 
Sebisa mungkin beralih ke laptop karena anda akan menurunkan konsumsi daya hingga 90%. 
Laptop 
Gunakan laptop hanya untuk keperluan terpenting semata, hindari penggunaan laptop untuk keperluan multimedia dan entertaining.


Cloud Computing 
Komputasi Awan
Cloud Computing adalah pengiriman komputasi sebagai layanan bukan produk, dimana sumber daya bersama, perangkat lunak, dan informasi disediakan untuk komputer dan perangkat lain sebagai layanan meteran melalui jaringan (biasanya internet).
Cloud Computing menyediakan komputasi, perangkat lunak, akses data, dan sumber daya penyimpanan tanpa mengharuskan pengguna awan untuk mengetahui lokasi dan rincian lainnya dari infrastruktur komputasi.
Pada dasar komputasi awan adalah konsep yang lebih luas dari konvergensi infrastruktur (atau Converged Infrastruktur) dan layanan bersama.
Jenis lingkungan pusat data memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan aplikasi mereka dan berjalan lebih cepat, dengan pengelolaan yang lebih mudah dan pemeliharaan kurang, dan memungkinkan TI untuk lebih cepat menyesuaikan sumber daya TI (seperti server, storage, dan jaringan) untuk memenuhi permintaan bisnis yang fluktuatif dan tak terduga.

Cara Kerja Cloud Computing 
Ketika pengguna mengakses awan untuk sebuah website populer, banyak hal yang bisa terjadi. Pengguna IP misalnya dapat digunakan untuk menetapkan dimana pengguna berada ( geolocation ).
Komputasi Awan 2
 DNS jasa kemudian dapat mengarahkan pengguna ke sebuah cluster server yang dekat dengan pengguna sehingga situs bisa diakses dengan cepat dan dalam bahasa lokal mereka. Pengguna tidak login ke server, tetapi mereka login ke layanan mereka menggunakan dengan mendapatkan id sesi dan / atau cookie yang disimpan dalam mereka browser .
Informasi kemudian disimpan pada atau diambil dari database server atau file server dan pengguna kemudian disajikan dengan halaman diperbarui. Data di beberapa server disinkronisasikan di seluruh dunia untuk akses global cepat dan juga untuk mencegah kehilangan data.
Contoh sederhana dari komputasi awan email seperti Yahoo! dan GMAIL. Disini konsumen tidak membutuhkan software atau server untuk menggunakannya. Semua konsumen hanya membutuhkan koneksi internet dan langsung memulai mengirim email.

2 komentar :

Poskan Komentar

Perkembangan Islam di Dunia

6 komentar
Postingan ini adalah Bab 11 lanjutan dari Bab 10 tentang "Perkembangan Islam di Indonesia" . Nah , Pada bab 11 ini dijelaskan mengenai "Perkembangan Islam di Dunia" . Meskipun ilmu ini sedikit tetapi mudah-mudahan menjadi berkah bagi kita semua yang membacanya ... Amin ... ^_^ 

Ilustrasi

PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA
A.Menjelaskan Perkembangan Islam di Dunia
Islam termasuk agama terbesar di dunia. Dalam 20 tahun terakhir , jumlah umat Islam di dunia telah meningkat.Menurut data yang dihasilkan dari 232 negara dan kawasan, Indonesia adalah Negara muslim terbesar di dunia.

Kaum muslim di negeri ini berjumlah 203 juta jiwa atau 13% dari seluruh muslim dunia. Setelah Indonesia Negara muslim ter besar kedua adalah Pakistan (174 juta), India (161 juta), Bangladesh (145 juta), Iran (74 juta), dan Turki(74 juta).

Apabila dijumlah kaum muslimin di enam Negara tersebut mencapai 85% dari keseluruhan jumlah muslim di Asia, berarti 53% dari jumlah penduduk muslim sedunia.Adapun rincian penyebaran penduduk muslim adalah Asia Tenggara 26%, Asia Tengah-Barat 24%, Timur Tengah dan Afrika Utara 20 % (315 juta), Sub Saharan Afrika 240 juta (15 persen).
 
1.OKI (Organisasi Konferensi Islam)
OKI berdiri pada Mei 1971 M. Organisasi ini merupakan wadah untuk menyatukan tekad negeri-negeri Islam. Adapun misi utama OKI adalah mengampanyekan solidaritas Islam dan kerja sama antara Negara Islam.


2.Kaum Muslim di Benua Asia
a.Republik Indonesia
Muslim di Indonesia mencapai 90%. Umat Islam Indonesia mayoritas beraliran Ahlusunah Waljamaah (Suni). Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 melalui para guru sufi, pengembara, pedagang, dan ulama dari Arab, Persia, dan pesisir anak benua India. Kesultanan Islam di Indonesia muncul pada abad ke-13 sampai abad ke-17.

b.Pakistan
Pemeluk agama islam Pakistan mencapai 97%. Terdiri dari suni 77 % dan syiah 20%. Agama islam masuk ke Pakistan melalui usaha ekspansi penguasa Afghanistan. Negara Islam Pakistan baru berdiri pada tanggal 14 Agustus 1947. Muhammad Ali Jinnah (1876-1948) sebagai presiden pertama Negara ini.

c.India
Kaum muslim di Negara India mencapai 12% dari jumlah penduduknya. Islam masuk ke India sejak abad pertama Hijriah. Kedatangannya melalui ekspedisi Khalifah Umar bin Khattab. Bangunan bersejarah di India banyak yang berdiri seperti Benteng Merah, Masjid Jamik, Istana di Delhi dan Lahore, serta Taj Mahal di Agra.

d.Bangladesh
Pemeluk Islam Bangladesh mencapai 83% dari total jumlah penduduk. Islam masuk ke wilayah ini pada tahun 637 M. Sejak abad ke-11 Islam di kenal luas di Bangladesh. Mayoritas muslim Bangladesh beraliran Suni dengan mazhab Hanafi. Jumlah selebihnya adalah Syiah Ismailiyah.

e.Iran
Pemeluk Islam di Iran mayoritas beraliran Syiah, tetapi ada juga penganut Suni. Islam masuk ke Iran pada masa Khalifah Umar bin Khattab (637 M).

f.Cina
Masuknya Islam di Cina semenjak zaman Khalifah Usman bin Affan.

g.Thailand
Islam di Thailand berjumlah sekitar 10%.

h.Yaman
Yaman merupakan salah satu wilayah tertua yang menyimpan berbagai sejarah perkembangan agama Islam. Beberapa kerajaan besar pernah berdiri seperti Himyar, Saba’, dan Habsyah.

i.Hongkong
Di Hongkong terdapat 5 masjid dan pusat pengembangan Islam. Keberadaan komunitas Islam Hongkong dibawa oleh pemerintahan Inggris pada pertengahan abad ke-19. Salah satu komunitas muslim yang berkembang di Hongkong adalah mereka yang berasal dari kelompok Syiah.


3.Kaum Muslim di Benua Afrika
a.Mesir
Islam yang ada di Mesir beraliran Suni. Islam masuk ke Mesir pada masa Khalifah Umar bin Khattab yang mengangkat Amr bin Ash sebagai gubernur. Pada masa kerajaan Dinasti Fatimiyah, berdiri Universitas al Azhar pada tahun 972 M.

b.Nigeria
Jumlah kaum muslimin di Nigeria mencapai 50% dari total jumlah penduduk. Islam masuk ke Nigeria melalui para pedagang dari selatan Afrika. Penyebarannya dimulai pada abad ke-10.

c.Aljazair
Hampir semua penduduk Aljazair muslim. Pemeluk Islam di Aljazair beraliran Suni. Islam masuk ke Aljazair pada masa Bani Umayyah (682 M).


4.Kaum Muslim di Benua Eropa
a.Turki
Lebih dari 90% penduduk Turki beragama Islam. Islam masuk ke Turki sejak abad ke-1 Hijriah. Turki menghapuskan Islam sebagai agama resmi Negara sejak 1928. Namun, Islam tetap berkembang sangat pesat hingga sekarang.

b.Jerman
Negara ini memiliki penduduk muslim terbesar kedua di Eropa. Masjid pertama yang didirikan adalah di Frangfurt dan Hamburg pada tahun 1950-an. Kedua masjid ini didirikan oleh gerakan Ahmadiyah.

c.Inggris
Inggris menjadi negara Eropa yang memiliki penduduk muslim terbesar ketiga di Eropa. Pada tahun 1980-an muncul organisasi The Council of Moques in UK and Eire (Dewan Masjid Inggris dan Irlandia). Berdiri pula Council of Imams and Mosques (Dewan Imam dan Masjid).

d.Eropa Tenggara
Di Hongaria, kaum muslim pertama kali masuk pada saat tentara Turki Usmani menduduki sebagian wilayah Negara ini antara 1526 M dan 1699 M. Komunitas muslim yang terbesar di Eropa Tenggara terdapat di Hongaria, Rumania, Yunani, Albania, Bulgaria, dan bekas Yugoslavia.

e.Belanda
Islam di Belanda pertama kali dibawa oleh imigran asal Indonesia pada tahun 1945.

f.Prancis
Jumlah penduduk muslim di Prancis mencapai 57 juta jiwa. Kaum muslim Prancis berasal dari Maroko, Aljazair, dan Tunisia. Sisanya berasal dari Afrika, Laut Hitam, dan Asia Tengah.


5.Kaum Muslim di Benua Amerika
a.Kanada
Pada pertengahan abad ke-19, imigrasi muslim ke Kanada dilakukan. Sebagian besar mereka berasal dari Suriah dan Asia Selatan. Masjid yang pertama kali berdiri di Kanada adalah ar Rasyid di Edmonton, Alberta didirikan pada tahun 1931. Di negeri ini juga terdapat beberapa organisasi Islam. Diantaranya Canadian Council of Muslim Women (Dewan Kanada untuk Kaum Perempuan Muslim), Muslim World League (Rabithah al’Alam al Islami, Liga Dunia Islam), dan ada juga berbagai organisasi kemahasiswaan Islam.

b.Amerika Serikat
Kaum muslim AS terdiri dari para imigran, orang Amerika keturunan Afrika, penduduk keturunan Eropa yang masuk Islam, dan para pendatang sementara (mahasiswa, diplomat, dll).

c.Argentina
Argentina adalah Negara yang penduduk muslimnya terbanyak dibanding Negara-negara di kawasan Amerika Latin. Di Buenos Aires, ibu kota Argentina, telah berdiri sebuah masjid besar pada tahun 1989. Syiar Islam semakin marak di Argentina setelah sebuah pusat kajian Islam yang diberi nama The King Fahd Islamic Cultural Center, dibangun pada tahun 1996.

d.Peru
Di Peru terdapat organisasi yaitu Asociacion Islamica del Peru dan Musulmanes Peruanos of Naqshbandi Haqqani. Organisasi dan lembaga ini membina kegiatan sosial keagamaan sekaligus menjalin hubungan dengan kalangan agama lain.

e.Australia
Sekitar 36% dari jumlah penduduk muslim Australia di antaranya lahir di Australia. Jumlah penduduk muslim Australia kebanyakan terdapat di sekitar Sydney dan Melbourne. Di komunitas akademik dibuka program studi atau kajian mengenai Islam di Universitas Western Sydney (UWS).


B.Mengidentifikasi Peristiwa-Peristiwa Penting dan Tokoh-Tokoh yang Berprestasi dalam Perkembangan Islam di Dunia
  1. Di Jerman pada tahun 1960-an kaum muslim banyak mendirikan organisasi-organisasi.
  2. Pada tahun 1975 dibentuk Federatie van Moslim Organisaties in Nederland (Federasi Organisasi Muslim di Belanda).
  3. Di Liverpool kaum muslim terdiri dari muslim Afrika Barat. Pada tahun 1901 seorang bangsawan Inggris yang muslim bernama Abdullah (Henry William) memelopori pembangunan masjid yang sangat aktif.
  4. Di Prancis banyak berdiri organisasi muslim, yang paling terkenal adalah FNMF (Federasi Nasional Muslim Prancis), UIOF (Organisasi Islam Prancis), dan AEIF(Persatuan Mahasiswa Islam di Perancis).
  5. Pada tahun 1980-an muncul organisasi The Council of Moques in UK and Eire (Dewan Masjid Inggris dan Irlandia). Selain itu, muncul pula Council of Imams and Mosques (Dewan Imam dan Masjid).

C.Mengambil Ibrah dari Pengetahuan Perkembangan Islam di Dunia
Dengan mengetahui perkembangan Islam di dunia, kita dapat mengambil beberapa manfaat, diantaranya:
  1. Tumbuh rasa ukhuah islamiah
  2. Dapat belajar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari para penyebar Islam
  3. Bersyukur kepada Allah

D.Meneladani Tokoh-Tokoh yang Berprestasi dalam Perkembangan Islam di Dunia
1.Abdullah (Henry William)
Beliau adalah seorang bangsawan Inggris. Melalui masjid Abdullah hendak memulai dan mengembangkan dakwah Islam di tanah Inggris. Beliaulah yang mempelopori dakwah dari kalangan bangsawan.

2.Hazrat Inayat Khan
Beliau adalah guru sufi asal India. Walaupun beragama Islam, tetapi beliau sangat menghormati agama lain. Beliau tidak membeda-bedakan antara muslim dan bukan muslim. Pemikiran yang paling populer dikemukakannya adalah tentang cinta. Menurutnya, Allah swt. menciptakan dunia dan isinya untuk mencintai diri-Nya.

3.Malcolm X
Malcolm X lahir pada tanggal 19 Mei 1925 M di Omaha, Nebraska. Nama aslinya adalah Malcolm Little. Pada tanggal 28 Juni 1964 Malcolm X mendirikan Organization of Afro-American Unity. Ia gencar mengkampanyekan antiras, antidiskriminasi, dan memperjuangkan nilai-nilai Islam. Berbagai wilayah di Amerika telah ia kampanyekan. Namun pada saat akan memberi ceramah di New York, Malcolm X ditembak 3 orang Afrika-Amerika. Ia pun tewas pada tanggal 21 Februari 1965. Tidak ada yang tahu siapa dan apa di balik kematiannya.

Video tentang Islam di Jepang (Tambahan)



6 komentar :

Poskan Komentar

Perkembangan Islam di Indonesia

10 komentar
Postingan ini adalah Bab 10 lanjutan dari Bab 9 tentang "Penetrasi Barat dan Dampaknya Bagi Dunia Islam" . Nah , Pada bab 10 ini dijelaskan mengenai "Perkembangan Islam di Indonesia" . Meskipun ilmu ini sedikit tetapi mudah-mudahan menjadi berkah bagi kita semua yang membacanya ... Amin ... ^_^

Perjalanan islam di Indonesia

PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA

A.Penjelasan Perkembangan Islam di Indonesia
1.Masuknya Islam di Indonesia
Ketika Islam datang di Indonesia, berbagai agama dan kepercayaan seperti animisme, dinamisme, Hindu dan Budha, sudah banyak dianut oleh bangsa Indonesia bahkan dibeberapa wilayah kepulauan Indonesia telah berdiri kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha.

Islam datang masuk ke Indonesia, pada tanggal 17 s.d 20 Maret 1963 di Medan, Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama hijriyah atau pada abad ke tujuh masehi. Menurut sumber lain menyebutkan bahwa Islam sudah mulai ekspedisinya ke Nusantara pada masa Khulafaur Rasyidin (masa pemerintahan Abu Bakar Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib), disebarkan langsung dari Madinah.

Ajaran-ajaran Islam tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Islam mengajarkan toleransi terhadap sesamamanusia,salingmenghormati dan tolong menolong.
  2. Islam mengajarkan bahwa dihadapan Allah, derajat semua manusia sama, kecuali takwanya.
  3. Islam mengajarkan bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Pengasih dan Penyayangdan mengharamkan manusia saling berselisih, bermusuhan,merusak, dan saling mendengki.
  4. Islam mengajarkan agar manusia menyembah hanya kepada Allah dan tidak menyekutukannya serta senantiasa setiap saat berbuat baik terhadap sesama manusia tanpa pilih kasih.
2.Cara Masuknya Islam ke Indonesia
Islam masuk ke Indonesia, bukan dengan peperangan ataupun penjajahan. Islam berkembang dan tersebar di Indonesia justru dengan cara damai dan persuasif berkat kegigihan para ulama. Karena memang para ulama berpegang teguh pada prinsip Q.S. al-Baqarah ayat 256 : Tidak ada paksaan dalam agama (Q.S. al-Baqarah ayat 256).

Adapun cara masuknya Islam di Indonesia melalui beberapa cara antara lain :
1.Perdagangan
Jalur ini dimungkinkan karena orang-orang melayu telah lama menjalin kontak dagang dengan orang Arab.Apalagi setelah berdirinya kerajaan Islam seperti kerajaan Islam Malaka dan kerajaan Samudra Pasai di Aceh, maka makin ramailah para ulama dan pedagang Arab datang ke Nusantara (Indonesia).Disamping mencari keuntungan duniawi juga mereka mencari keuntungan rohani yaitu dengan menyiarkan Islam.Artinya mereka berdagang sambil menyiarkan agama Islam.

2.Kultural
Artinya penyebaran Islam di Indonesia juga menggunakan media-media kebudayaan, sebagaimana yang dilakukan oleh para wali sanga di pulau jawa. Misalnya Sunan Kali Jaga dengan pengembangan kesenian wayang.Ia mengembangkan wayang kulit, mengisi wayang yang bertema Hindu dengan ajaran Islam. Sunan Muria dengan pengembangan gamelannya.Kedua kesenian tersebut masih digunakan dan digemari masyarakat Indonesia khususnya jawa sampai sekarang.Sedang Sunan Giri menciptakan banyak sekali mainan anak-anak, seperti jalungan, jamuran, ilir-ilir dan cublak suweng dan lain-lain.

3.Pendidikan
Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang paling strategis dalam pengembangan Islam di Indonesia.Para da’i dan muballig yang menyebarkan Islam diseluruh pelosok Nusantara adalah keluaran pesantren tersebut.Datuk Ribandang yang mengislamkan kerajaan Gowa-Tallo dan Kalimantan Timur adalah keluaran pesantren Sunan Giri.Santri-santri Sunan Giri menyebar ke pulau-pulau seperti Bawean, Kangean, Madura, Haruku, Ternate, hingga ke Nusa Tenggara.Dan sampai sekarang pesantren terbukti sangat strategis dalam memerankan kendali penyebaran Islam di seluruh Indonesia.

4.Kekuasaan Politik
Artinya penyebaran Islam di Nusantara, tidak terlepas dari dukungan yang kuat dari para Sultan. Di pulau Jawa, misalnya keSultanan Demak, merupakan pusat dakwah dan menjadi pelindung perkembangan Islam.Begitu juga raja-raja lainnya di seluruh Nusantara. Raja Gowa-Tallo di Sulawesi selatan melakukan hal yang sama sebagaimana yang dilakukan oleh Demak di Jawa. Dan para Sultan di seluruh Nusantara melakukan komunikasi, bahu membahu dan tolong menolong dalam melindungi dakwah Islam di Nusantara.Keadaan ini menjadi cikal bakal tumbuhnya negara nasional Indonesia dimasa mendatang.

3.Perkembangan Masuknya Islam di Beberapa Wilayah Indonesia
Perkembangan Islam di Indonesia berlangsung di beberapa tempat, yaitu Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Maliku, Irian Jaya, dan Nusa Tenggara.

a.Perkembangan Islam di Sumatera.
Pada pertengahan abad ke-13, di Sumatera telah berdiri kerajaan Islam Samudera Pasai yang merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia, kerajaan ini terletak di pesisir timur laut aceh yang sekarang merupakan wilayah Kabupaten Lhouksumawe. Samudera Pasai adalah sebuah kerajaan maritim, samudera pasai telah mengadakan hubungan dengan Sultan Delhi di India pada pelayaran kerajaan Samudra Pasai merupakan pusat studi agama Islam dan tempat berkumpulnya para ulama dari berbagai negara Islam.

b.Perkembangan Islam di Jawa
Perkembangan di Jawa tidak bisa dipisahkan dari peranan wali, jumlah wali yang terkenal sampai sekarang adalah sembilan, yang dalam bahasa dikenal dengan sebutan WALI SONGO. Para wali yang termasuk dalam wali songo adalah sebagai berikut :

a).Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
Sunan Gresik
Maulana malik ibrahim juga dikenal dengan panggilan Maulana Maghribi atau syekh Magribi, karena berasal dari wilayah Maghribi, Afrika Utara. Kedatangannya dianggap sebagai permulaan masuknya Islam di Jawa. Maulana Malik Ibrahim menerapkan metode dakwah yang tepat untuk menarik simpati masyarakat terhadap Islam.









b).Sunan Ampel (Raden Rahmat)
Sunan Ampel
Pada awal penyiaran Islam di pulau Jawa, Sunan Ampel menginginkan masyarakat menganut keyakinan Islam yang murni. Ia tidak setuju dengan kebiasaan masyarakat Jawa, seperti kenduri, selamatan dan sesaji. Hal itu terlihat dari persetujuannya ketika Sunan Kalijaga, dalam ocehannya menarik umat Hindhu dan Budha mengusulkan agar adat istiadat Jawa itulah yang diberi warna Islam.







c).Sunan Bonang (Makhdum Ibrahim)
Sunan Bonang
Dalam menyebarkan agama Islam, ia selalu menyesuaikan diri dengan kebudayaan masyarakat yang sangat menggemari wayang serta musik gamelan. Sunan Bonang memusatkan kegiatan dakwahnya di Tuban. Dalam aktifitasnnya ia mengganti nama dewa dengan nama-nama malaikat.










d).Sunan Giri (Raden Paku atau Ainul Yaqin)
Sunan Giri
Sunan Giri memulai aktifitas dakwahnya didaerah Giri dan sekitarnya dengan mendirikan pesantren yang santrinya kebanyakan berasal dari golongan masyarakat ekonomi lemah. Sunan Giri terkenal sebagai pendidik yang berjiwa demokratis.









e).Sunan Drajat (Raden Qasim)
Sunan Drajat
Sunan Drajat juga tidak ketinggalan untuk menciptakan tembang jawa yang sampai saat ini masih digemari masyarakat, yaitu tembang pangkur. Hal yang paling menonjol dalam dakwah sunan drajat ialah perhatiannya yang serius pada masalah-masalah sosial, ia selalu menekan bahwa memberi pertolongan kepada masyarakat umum.









f).Sunan Kalijaga (Raden Said)
Sunan Kalijaga
Ketika para wali memutuskan untuk menggunakan pendekatan kultural termasuk pemanfaatan wayang dan gamelan sebagai media dakwah, orang yang paling berjasa dalam hal ini adalah Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga mengarang aneka cerita wayang bernafaskan Islam terutama mengenai etika.










g).Sunan Kudus (Ja'far Shadiq)
Sunan Kudus
Sunan Kudus mengajarkan agama Islam didaerah Kudus dan sekitarnya, ia mempunyai keahlian khusus dalam ilmu fiqih, urul fiqih, tauhid, hadits, tafsir dan logika. Oleh karena itu ia mendapat julukan waliyyul ‘ilmi. Sunan Kudus juga melaksanakan dakwah dengan pendekatan kultural.









h).Sunan Muria (Raden Umar Said)
Sunan Muria
Sunan Muria memusatkan kegiatan dakwahnya di Gunung Muria yang terletak 18 km sebelah utara kota Kudus. Cara yang ditempuhnya dalam menyiarkan agama islam adalah dengan mengadakan kursus-kursus bagi kaum pedagang, para nelayan, dan rakyat biasa.










i).Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah)
Sunan Gunung Jati
Sunan gunung Jati lahir di Mekkah pada tahun 1448. ia mengembangkan ajaran islam di cirebon, majalengka, kuningan, kawali, sunda kelapa dan banten sebagai dasar bagi perkembanganislam di Banten











c.Perkembangan Islam di Sulawesi
Masuknya islam di Sulawesi tidak terlepas dari peranan Sunan Giri di Gresik. Hal itu karena Sunan Giri menyelenggarakan pesantren yang banyak didatangi oleh santri dari luar Jawa, seperti ternate dan hiu. Pada abad ke-16 di sulsel telah berdiri kerajaan hindhu gowa dan tallo. Penduduknya banyak yang memeluk agama islam karena hubungannya dengan kesultanan Ternate.

d.Perkembangan Islam di Kalimantan
Pada abad ke-16, islam mulai memasuki kerajaan Sukadana. Dibagian selatan Kalimantan berdiri kerajaan islam banjar pada sekitar tahun 1526. Panngeran Suriansyah merupakan tokoh yang amat penting dalam sejarah islam di Kalimantan.

Dalam usaha mengembangkan islam/ Syekh muhamad arsyad al-Banjari mendirikan pondok pesantren untuk menampung santri yang datang dari berbagai pelosok Kalimantan. Pada masa berikutnya muncul seorang pahlawan Kalimatan yang sangat berjasa dalam mengembangkan islam. Ia adalah SULTAN AMIRUDIN KHALIFATUL MUKMININ. Yang lebih dikenal nama pangeran Antasari.

e.Perkembangan Islam di Maluku dan Irian
JAYA Penyebaran islam di Maluku tidak lepas dari jasa para santri Sunan Drajat yang berasal dari Ternate dan Hitu. Di Maluku ada 4 kerajaan bersaudara yang berasal dari keturunan yang sama yaitu Ternate, Tidore, Bacan dan Jailolo. Raja Tidore masuk islam dan mengganti nama menjadi Sultan Jamalludin.

Demikian juga raja Jailolo, ia masuk isalm dan mengganti nama menjadi Sultan Hassanudin. Peran kesultanan Ternate dalam penyebaran islam baru dimulai pada masa Sultan Zaenal Abidin. Ia juga berhasil mengambangkan islam ke Maluku dan Irian Jaya bahkan sampai ke Filipina.


B.Hikmah Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
Setelah memahami bahwa perkembangan Islam di Indonesia memiliki warna atau ciri yang khas dan memiliki karakter tersendiri dalam penyebarannya, kita dapat mengambil hikmah, diantaranya sebagai berikut :
  1. Islam membawa ajaran yang berisi kedamaian.
  2. Penyebar ajaran Islam di Indonesia adalah pribadi yang memiliki ketangguhan dan pekerja keras.
  3. Terjadi akulturasi budaya antara Islam dan kebudayaan lokal meskipun Islam tetap memiliki batasan dan secara tegas tidak boleh bertentangan dengan ajaran dasar dalam Islam.


C.Manfaat dari Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
Banyak manfaat yang dapat kita ambil untuk dilestarikan diantaranya sebagai berikut :
  1. Kehadiran para pedagang Islam yang telah berdakwah dan memberikan pengajaran Islam di bumi Nusantara turut memberikan nuansa baru bagi perkembangan pemahaman atas suatu kepercayaan yang sudah ada di Nusantara ini.
  2. Hasil karaya para ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan.
  3. Kita dapat meneladani Wali Sanga
  4. Menjadikan masyarakat gemar membaca dan mempelajari Al-Qur’an.
  5. Mampu membangaun masjid sebagai tempat ibadah dalam berbagai bentuk atau arsitektur hingga kee seluruh pelosok Nusantara.
  6. Mampu memanfaatkan peninggalan sejarah, termasuk situs-situs peninggalan para ulama, baik berupa makam, masjid, maupun peninggalan sejarah lainnya.
  7. Seorang ulama atau ilmuwan dituntut oleh islam untuk mempraktikan tingkah laku yang penuh keteladanan agar terus dilestarikan dan dijadikan panutan oleh generasi berikutnya.
  8. Para ulama dan umara bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak sebanding.

10 komentar :

Poskan Komentar