romadhon-byar

Hal kecil pun bisa menjadi Ilmu.

Pengertian dan jenis - jenis Harddisk

Tidak ada komentar
Apa itu Harddisk??? Harddisk (Indonesia: Cakram keras) atau biasa disingkat HDD/HD termasuk dalam perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen - komponen elektronik lainnya. Harddisk merupakan hardware penyimpanan sekunder yang dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar terintegrasi. (sumber inspirasi: artikelfathur)

Data akan disimpan dalam lingkaran  kosentris yang biasa disebut dengan track. Tiap track dibagi menjadi beberapa bagian yang biasa dikenal sebagai sektor. Untuk melakukan baca dan tulis data dari atau ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada setiap piringan. Head inilah yang selanjutnya bergerak mencari sektor - sektor tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. (Waktu yang diperlukan inilah yang digunakan untuk mencari sektor yang biasa disebut dengan seek time) Lalu setelah menemukan sektor yang diinginkan,selanjutnya head secara otomatis akan berputar untuk mencari track. (waktu yang diperlukan inilah yang digunakan untuk mencari track yang biasa disebut dengan latency). (sumber inspirasi: belajarit.um)

Semakin majunya zaman, semakin maju pula Harddisk. Perangkat keras ini mempunyai jenis-jenis yang beragam, antara lain:
  1. ATA (Advanced Technology Attachment)
  2. SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
  3. SCSI (Small Computer System Interface)
  4. SAS (Serial Attached Small Computer System Interface)
Itu adalah kepanjangannya (agak ngeledek ya :P)


ATA
Harddisk ATA - romadhon-byar
ATA
Harddisk ATA - romadhon-byar - foto by Anomiemine
ATA
ATA atau lebih dikenal dengan IDE drive adalah antar muka standar yang berfungsi untuk menghubungkan peranti penyimpanan seperti harddisk, drive CD-ROM dan lain sebagainya. Standar ATA dikelola oleh komite yang bernama X3/INCITS T13. ATA mengunakan 16 bit paralel yang berfungsi untuk mengontrol peralatan komputer. Standar ATA, seperti 200 GB western digital model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data dan membutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection.


SATA
Harddisk SATA - romadhon-byar
SATA
Harddisk SATA - romadhon-byar - foto by Anomiemine
SATA
SATA adalah versi terbaru dari pengembangan ATA. SATA dapat didefinisikan sebagai teknologi perubahan besar untuk menggantikan ATA. Serial ATA mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan ATA yang sederhana. Antarmuka SATA generasi pertama lebih dikenal dengan nama SATA/150 atau sering juga disebut sebagai SATA 1. SATA menggunakan line 4 sinyal yang dapat membuat kabel menjadi lebih ringkas. Kabel data SATA menggunakan 7 konduktor yang dimana 4 diantaranya adalah line aktif untuk data. Karena bentuknya yang lebih kecil yang membuat lebih mudah digunakan pada ruangan sempit serta lebih efisien untuk pendinginan.


SCSI
Harddisk SCSI - romadhon-byar - foto by Anomiemine
SCSI
SCSI merupakan interface Hard Disk yang sangat umum digunakan oleh Personal Computer Server. Harddisk ini masih menggunakan tekonologi parallel, tetapi lebih cepat dan efisien dalam pengolahan data - data yang kapasitasnya besar. Pada satu kabel SCSI dapat diinstalasikan sekitar 15 device yang sekaligus dengan panjang 1,5 meter. Standar SCSI mendefinisikan perintah - perintah, protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. Berdasarkan tingkat kecepatan putaran-nya, harddisk SCSI mampu berputar antara 10.000 sampai dengan 12.000 rpm.


SAS
Harddisk SAS - romadhon-byar - foto by Anomiemine
SAS
SAS merupakan interface yang menggabungkan fitur SCSI dengan SATA. SAS menggunakan port konektor yang mirip dengan port konektor SATA. SAS memiliki kompaibilitas dengan perangkat - perangkat sebelumnya. SAS adalah teknologi transfer data yang di desain untuk memindahkan data dari dan ke media penyimpanan pada komputer, seperti Hard Drive dan Tape Drive. SAS merupakan serial protokol point to point yang menggantikan bus SCSI paralel. SAS bersifat hot plug seperti SATA yang dapat dipasang dan dilepas saat komputer masih hidup. SAS memiliki domain dan ID khusus yang dinamakan word wide name yang bersifat unik dan dapat dikenali lewat network/internet.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Arsitektur Prosesor

Tidak ada komentar
Dothan - foto by media.soundonsound - romadhon-byar
Dothan
Apa itu Dothan ? Dothan adalah sebuah nama kode prosesor yang diberikan kepada Intel pentium M dengan cache Level-2 2048KB 90 nanometer [Socket 479]. Nama kode Prosesor merupakan sebutan bagi jeni - jenis prototipe prosesor - prosesor yang masih ada dalam pengembangan. Intel, AMD, VIA Cyrix umumnya memberikan nama kode kepada prosesor mereka kepada publik ( biar disorot media kali ya :} ) sebagai tanda bahwa mereka sedang mengembangkan produk baru.





Nehalem - foto by warepin - www[dot]romadhon-byar[dot]com
Nehalem
Apa itu Nehalem ? Nehalem adalah nama kode arsitektur mikroprosesor Intel (sama seperti Dothan, Nehalem adalah sebuah nama kode prosesor). Kode Prosesor ini termasuk prosesor intel (Intel Core i7) terbaru untuk menggantikan teknologi intel core yang memiliki kinerja super cepat, salah satu fitur teknologi yang dibawa adalah Quick Path.




Sandy Bridge - foto by tuaw[dot]com - www[dot]romadhon-byar[dot]com
Sandy Bridge
Apa itu Sandy Bridge ? Sandy Bridge adalah nama kode proses prosesor terbaru dari intel (nama resminya adalah Prosesor Intel Core generasi kedua) sebagai pengganti "Nehalem". Sandy Bridge adalah langkah sebagai evolusioner dari prosesor intel Core i5 dan Core i7. Sandy Bridge dilengkapi dengan teknologi Turbo Boost yang secara otomatis bisa memindahkan daya inti prosesor dan grafisnya yang berguna untuk meningkatkan performance dan mengatur beban kerja.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Perangkat input dan Output

Tidak ada komentar
Input - Output - by normalitas - romadhon-byar
Input / Output
(Foto by Normalitas)
 Perangkat input atau dalam bahasa inggris biasa disebut dengan Input Device adalah perangkat yang berguna untuk memasukkan sebuah perintah ke komputer, agar komputer tahu akan maksud dari penggunanya . Perangkat Input yang sering kita gunakan antara lain :

1. Keyboard > Keyboard adalah sebuah papan ketik yang berfungsi untuk memasukkan perintah ke layar monitor berupa aksara dan angka yang tertulis di keyboard itu sendiri. Cara kerja hampir sama dengan mesin ketik biasa yaitu dengan cara ditekan tombol sesuai dengan keperluan penggunanya , tetapi keyboard dirancang untuk pengetikan secara digital.

Jenis - jenis Keyboard (Full Pic):

Keyboard QWERTY - romadhon-byar
Keyboard QWERTY
Keyboard DVORAK - romadhon-byar
Keyboard DVORAK
Keyboard KLOCKENBERG - romadhon-byar
Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard CHORD - romadhon-byar
Keyboard CHORD
Keyboard MALTRON - romadhon-byar
Keyboard MALTRON
Keyboard Proyeksi - romadhon-byar
Keyboard Proyeksi
(Sumber Gambar : m4ilsmile)
2. Mouse > Mouse adalah perangkat yang berfungsi sebagai pengendali gerakan kursor pada layar monitor. Cara kerjanya dengan cara menggerakkan mouse pada permukaan datar, dalam mouse terdapat klik kiri dan klik kanan yang kiri 1x berfungsi untuk memilih, sedangkan klik kiri 2x berfungsi untuk membuka icon yang dituju. Klik kanan 1x berfungsi untuk memilih pilihan yang diperlukan.

Jenis - jenis Mouse (Full Pic) :
Mouse Serial - romadhon-byar
Mouse Serial
Mouse PS/2 - romadhon-byar
Mouse PS/2

Mouse USB - romadhon-byar
Mouse USB

Mouse Wirelless - romadhon-byar
Mouse Wirelless
Mouse Optic - romadhon-byar
Mouse Optic
(Sumber Gambar : wong168)
3. Trackball > Trackball adalah perangkat yang sejenis dengan mouse dengan cara kerjanya sama seperti mouse tetapi cara trackball menggerakkan kursor berbeda dengan mouse, yaitu dengan cara menggerakkan atau menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.

Jenis - jenis Trackball (Full Pic) :
SlimBlade - Trackball (by Blogcdn) - romadhon-byar
SlimBlade - Trackball (by Blogcdn)
Expert Mouse - Trackball (by kinesis-ergo) - romadhon-byar
Expert Mouse - Trackball (by kinesis-ergo)
SlimBlade Trackball Mouse (by techspot) - romadhon-byar
SlimBlade Trackball Mouse (by techspot)
Orbit Optical Trackball (by hardwareecke) - romadhon-byar
Orbit Optical Trackball (by hardwareecke)

4. Scanner > Scanner adalah suatu alat yang fungsinya sama seperti mesin fotokopi tetapi scanner mirip seperti fotokopi digital yang hasil fotocopiannya ditampilkan pada layar monitor plus berwarna. Cara kerjanya sama seperti mesin fotokopi, yaitu dengan meletakkan benda (seperti kertas atau foto) di atas scanner selanjutnya proses pengkopian terhadap benda tersebut.

Jenis - jenis Scanner (Full Pic) :

Scanner Flad Bed - romadhon-byar
Scanner Flad Bed
Scanner Utomatic Document Feeder - romadhon-byar
Scanner Utomatic Document Feeder
Scanner Andheld - romadhon-byar
Scanner Andheld
Scanner Drum - romadhon-byar
Scanner Drum
(Sumber Foto : soerya.surabaya)

5. Joystick > Joystick adalah alat masukkan komputer yang berbentuk tuas yang bergerak kesegala arah. Cara kerja hampir sama seperti mouse, tetapi joystick lebih difokuskan untuk mengontrol arah game.

Jenis - jenis Joystick (Full Pic) :

Joystick 1 - romadhon-byar
Joystick 1

Joystick 2 - romadhon-byar
Joystick2

Joystick 3 - romadhon-byar
Joystick 3
(Sumber Foto : tommyregia)
Cara kerja JoyStick (Full Animasi) :

(Sumber Foto : hermawayne)


Perangkat Output atau Output Device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menyampaikan atau menampilkan informasi kepada user. Perangkat Output yang sering kita gunakan antara lain :
1. Monitor > Monitor adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai perangkat output yang menampilkan gambaran isi komputer. Tanpa monitor , komputer tidak ada gunanya . Cara kerjanya yaitu dengan cara menginput data sesuai keinginan user ke layar monitor .

Jenis - jenis Monitor (Full Pic) :

CRT ( Chatode Ray Tube ) -  romadhon-byar
CRT ( Chatode Ray Tube )

LCD ( Liquid Cristal Display ) - romadhon-byar
LCD ( Liquid Cristal Display )

OLED (Organic Light Emitting Diode) - romadhon-byar
OLED (Organic Light Emitting Diode)
(Sumber Foto : argotri)

2. Printer > Printer adalah perangkat output yang berfungsi untuk menghasilkan cetakan, baik itu tulisan maupun gambar . Cara kerja agak mirip dengan fotocopi , tetapi sangat berbeda jika fotokopi mengkopi objek nyata kalau printer mengkopi objek digital menjadi objek nyata.

Jenis - jenis Printer
  • Printer Dot Matrix > Printer Dot Matrix merupakan printer yang menerapkan metode percetakannya dengan menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan oleh printer ini terlihat seperti titik - titik yang saling menghubungkan satu sama yang lain dari situlah printer ini dinamai Dot Matrix.
  • Printer Laser > Printer Laser merupakan printer yang menerapkan cara percetakannya dengan tinta bubuk atau biasa disebut dengan toner yang cara kerjanya menggunakan perangkat infra merah.
  • Printer Inkjet > Printer Inkjet merupakan printer yang menerapkan metode percetakannya dengan menggunakan tinta air . Cara kerjanya yaitu dengan cara menyemprotkan titik - titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle.

Foto jenis - jenis Printer :

Printer Dot Matrik - romadhon-byar
Printer Dot Matrik

Printer Laser - romadhon-byar
Printer Laser
Printer Inkjet - romadhon-byar
Printer Inkjet
 (Sumber Foto : cyber-benyo)


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Cara mempercepat Startup Windows (tutorial)

4 komentar
Cara mempercepat Startup Windows (tutorial) - romadhon-byar
Speed Startup
Sebelum kita mempelajari cara mempercepat Startup pada windows alangkah baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan startup. Startup adalah suatu proses atau waktu windows (atau OS lain) untuk mengecek program dan menghidupkan program - program yang dianggap sangat penting agar komputer berjalan sebagai mana mestinya. Dengan adanya program ini semua yang dianggap penting secara otomatis akan berjalan sendiri tanpa diperintah lagi.

Hemm ... bagaimana jika startup lola (loading lama) ? Jika Startup pada windows lama berarti ada aplikasi yang tidak penting dijalankan saat komputer dinyalakan. Bagaimana caranya supaya Startup berjalan dengan cepat? ini caranya:

  1. Klik Start
  2. Run
  3. Ketikkan Msconfig
  4. Cara mempercepat Startup Windows (tutorial)
    Run (ketikkan MSconfig)
    Cara mempercepat Startup Windows (tutorial)

  5. Klik tab Startup
  6. Lalu hilangkan centang pada program yang menurut Anda tidak begitu penting
  7. Klik O.k

 Khusus pada Windows 8 caranya sangat berbeda dan agak simpel dari Windows yang lainnya.
  1. Klik Kanan pada Taskbar
  2. Klik Task Manager
  3. Cara mempercepat Startup Windows 8 (tutorial)
    Klik Task Manager
    Cara mempercepat Startup Windows 8 (tutorial)
    Klik Startup

  4. Klik Startup 
  5. Klik Kanan pada Program yang dianggap tidak penting 
  6. Lalu Klik Disable
Cara mempercepat Startup Windows 8 (tutorial)

4 komentar :

Poskan Komentar

Startup pada Win XP dan Win 7

4 komentar
Startup pada Win XP dan Win 7 - romadhon-byar
Startup
Sebelum mengenal Startup lebih jauh , kita harus terlebih dahulu mengenal apa itu Startup. Mungkin sebagian besar orang yang menggunakan komputer desktop atau laptop belum mengetahui istilah komputer ini , padahal ini adalah proses pertama kalinya yang dilewati oleh komputer pada saat dihidupkan.

Apa itu Startup pada Windows? Startup adalah proses atau waktu windows untuk mengecek program dan menghidupkan program - program yang dianggap sangat penting agar komputer berjalan sebagai mana mestinya,Contoh Programnya :
  1. Program Windows
  2. Antivirus
  3. Realtek 
  4. Aplikasi Keamanan
  5. Aplikasi Pendukung
  6. dan lain sebagainya
Startup mempunyai fungsi sebagai program yang bertugas untuk menghidupkan program - program yang dianggap penting . Pada saat startup ini juga dimanfaatkan oleh virus untuk menjalankan atau menyebarkan virus dan malware tanpa kita sadari. Setiap startup pada komputer berbeda - beda pada Versinya (windows). Ini berlaku pada Startup windows apapun termasuk pada Startup Win XP dan Win 7. Lamanya Startup di Win XP dan Win 7 menurut saya sama saja , tergantung beratnya program (yang diinstal) pada saat dijalankan atau dihidupkan.

4 komentar :

Poskan Komentar

Peranan Teknologi Informasi dalam Kehidupan Manusia

Tidak ada komentar
Peranan Teknologi Informasi dalam Kehidupan Manusia - romadhon-byar
TI
Peranan Teknologi Informasi pada zaman seperti ini sudah sangat melekat sekali dalam kehidupan manusia . Bagaimana tidak, Teknologi Informasi mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan manusia yang semakin bertambah banyak. Mulai dari berinteraksi , belajar , membaca berita , transaksi dan lain-lain semuanya memakai produk-produk Teknologi Informasi.

Dalam dunia pendidikan penyebaran Teknologi Informasi akan membuat transformasi pembelajaran ilmu pengetahuan menjadi lebih mudah dan cepat. Teknologi informasi dapat mengubah perekonomian desa menjadi lebih baik lagi kualitasnya dalam sektor Pertanian , Peternakan , Perkebunan dengan cara mencari informasi yang sangat penting berkaitan pada sektor-sektor tersebut.

Dan tidak dapat dipungkiri lagi , kehadiran teknologi sudah membawa pengaruh yang cukup besar sekali dalam kehidupan manusia dalam berbagai bidang , seperti Politik , Ekonomi , Sosial , Budaya , Pertahanan , Keamanan dan lain sebagainya . Jadi , kehadiran teknologi informasi dalam kehidupan manusia menjadikan teknologi informasi sebagai sumber yang dapat dipercaya untuk memenuhi sebagian besar keperluan manusia.


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Penyebab Teknologi Informasi Berkembang begitu pesat saat ini

Tidak ada komentar
Penyebab Teknologi Informasi Berkembang begitu pesat saat ini - romadhon-byar
TI
Tak disangka Teknologi Informasi berkembang begitu pesat pada era ini. Bagaimana tidak , semua pekerjaan rumah , kantor , sekolah semuanya berhubungan dengan namanya Teknologi Informasi. Mengapa Teknologi Informasi begitu cepat berkembang pesat ? Karena adanya dorongan dari manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya (menurut saya) . Dari sini saja kita tahu bahwa peranan Teknologi Informasi dalam kehidupan manusia sangat tinggi.

Meskipun Teknologi Informasi sangat diperlukan , tetapi kita harus ingat bahwa Teknologi Informasi dapat mengubah pola pikir kita dan juga mengubah pola sikap kita yang dimulai dari berfikir itu itu saja (Game , Facebook dan sebagainya) yang membuat kita menjadi susah untuk berkembang . Untuk itu kita harus lebih Flexibel lagi dalam pemakainan Teknologi Informasi dalam kehidupan kita masing-masing.

Teknologi Informasi berkembang begitu pesat juga karena adanya dorongan untuk berinteraksi secara cepat dan mudah , salah satu pemicunya adalah Situs Jejaring Social yang begitu cepat perkembangannya seiring dengan kebutuhan manusia. Dan dari sinilah yang membuat Teknologi Informasi berkembang pesat pada saat ini.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Produk - produk Teknologi Informasi

Tidak ada komentar
Produk - produk Teknologi Informasi - romadhon-byar
IT
Dari zaman ke zaman , kita tahu bahwa teknologi informasi selalu berubah dan selalu up to date (diperbaharui) sesuai dengan kebutuhan manusia .Yang dimulai dari komputer , software , hardware , Gadget , Handphone dan lain sebagainya . Dengan adanya pembaharuan , kita dapat mengetahui bahwa manusia kecenderungan mempunyai rasa tidak puas apa yang mereka miliki ( itu tergantung orangnya juga :] ) yang membuat manusia ingin mencoba sesuatu hal yang baru dalam kehidupannya.

Dan ini berbagai produk -produk dari teknologi informasi :
  • Produk Teknologi Informasi pada Hardware 
    • Processor
    • VGA
    • Mouse
    • Monitor
      • CRT
      • LCD
    • Printer
    • Speaker
    • Handphone 
      • Hp OS Java
      • Hp OS Android
      • dan sebagainya
    • dan lain sebagainya
  • Produk Teknologi Informasi pada Software
    •  Perangkat lunak Aplikasi 
      • Pengolahan Kata (MS Word)
      • Pengolahan Angka (MS Exel)
    • Sistem Operasi
      • Windows
      • Linux
      • Mac Osx
    • Perangkat lunak Gratis (Freeware)
    • Perangkat lunak Uji Coba (Trialware)
    • Dan lain sebagainya
Dari list diatas kita sudah dapat mengetahui bahwa produk teknologi informasi banyak di jumpai oleh kita sehari-harinya (jika sering main laptop , komputer atau instal aplikasi) dan dengan adanya produk teknologi informasi yang selalu update tiap hari , maka kebutuhan manusia akan semakin mudah terpenuhi.




Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Solusi untuk Menanggulangi Dampak Negatif dalam Teknologi Informasi

2 komentar
Solusi untuk Menanggulangi Dampak Negatif dalam Teknologi Informasi - romadhon-byar
TI
Semakin majunya Teknologi Informasi , semakin banyak juga dampak negatif yang dibuat olehnya terhadap kehidupan manusia. Meskipun Teknologi Informasi mempunyai sisi yang positif , tetap saja ia juga mempunyai sisi negatif , yang dimana sisi negatif ini harus kita singkirkan. Contohnya jangan jauh - jauh , kita lihat dunia maya atau biasa disebut dengan Internet .

Dunia maya adalah dunia khayalan , dunia imajinasi atau dunia kedua setelah dunia nyata. Di dunia itu kita dapat berselancar mondar - mandir , kesana - kemari mencari tugas ataupun mencari yang gak jelas yang membuat kita tahu semua yang ada di belahan dunia ini secara cepat dan instan yang diperantarai oleh Web,Blog,Social Network dan sejenisnya .

Dari sini saja kita sudah dapat memahami bahwa Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Pada bagian sisi negatifnyalah yang menjadi titik berat para pengguna Internet. Hmmm... Bagaimana cara untuk menghindari atau menanggulangi sisi tersebut?
  1. Berinternetlah dengan Sehat > Maksudnya? Maksudnya berinternet sesuai dengan kebutuhan.
  2. Bermain Internet (Komputer atau yang berhubungan dengan Teknologi Informasi) dengan Bijak > Maksudnya? Anda pasti tahu maksudnya
  3. Lakukanlah Kegiatan yang lain > Kita juga punya kehidupan nyata yang harus dijalan.
  4. Tidak mengeklik link yang gak jelas atau link yang diperpendek yang bertujuan untuk menyembunyikan link aslinya (jika menurut anda link tersebut aman silahkan saja , tetapi jika menurut anda tidak aman jangan diklik).
  5. Memblokir situs-situs yang dianggap mempunyai dampak buruk.
  6. Mengurangi waktu bermain Internet atau Komputer.


2 komentar :

Poskan Komentar

Salah Satu Fungsi dari Produk Teknologi Informasi

Tidak ada komentar
Teknologi Informasi - romadhon-byar
TI
Pada zaman seperti ini banyak sekali teknologi informasi yang diaplikasikan dapat mempermudah pekerjaan manusia . Yang dimulai dari pekerjaan mendesain , memprogram , menghitung dan lain sebagainya. Semua pekerjaan itu dapat dikerjakan dengan mudah karena adanya produk teknologi informasi yang mendukung semua pekerjaan itu.

Salah satu produk teknologi informasi yaitu Laptop atau biasa disebut komputer jinjing. Dengan kita menggunakan laptop didalam pekerjaan kita , kita dapat mengetahui bagaimana laptop sangat mempunyai nilai fungsi yang tinggi . Kenapa laptop mempunyai nilai fungsi yang tinggi ? , yang sudah saya jelaskan sebelumnya , bahwa dengan salah satu produk teknologi informasi (contoh: Laptop) kita dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan secara efisien (menurut saya).

Semakin maju teknologi informasi , maka semakin maju pula produk-produknya. Seperti mobile banking, dengan produk ini kita juga dapat mempermudah pekerjaan kita dengan cepat dan efisien tanpa harus bersusah payah (tanpa harus antri di ATM maupun datang ke bank hanya sekedar mentrasfer uang ataupun membayar tagihan kita).

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar