Selasa, 12 Februari 2013

Operator Pemberi Nilai

romadhon-byar.com - Assignment Operator atau biasa disebut dengan Operator pemberi nilai adalah sebuah operator yang mempunyai fungsi untuk memberikan atau mengubah nilai pada sebuah variabel. Pada operator ini hanya ada satu operator yang merupakan operator pemberi nilai yaitu operator sama dengan (=). Kalau kata saya operator sendirian (Forever Alone) hehehe...

#include <stdio .h>

int main()
{
	int x, y, z; // x = ? ,y = ?, z = ?
	x = 1; // x = 1, y = ?, z = ?
	y = 2; // x = 1, y = 2, z = ?
	z = 3; // x = 1, y = 2, z = 3
	
	y = 4; // x = 1, y = 4, z = 3
	x = z; // x = 3, y = 4, z = 3
	z = 5;  // x = 3, y = 4, z = 5 <= yang akan tampil pada CMD
	
	printf("X = %d, Y = %d, Z = %d", x, y, z);
	
	return 0;
}

Kita bisa lihat dari kode di atas bahwa dapat disimpulkan x=1 memberikan nilai pada // x=1, y=?, z=? yang hanya pada x saja yang sudah ada isinya. Pada variabel yang lain (y dan z) belum ada isinya karena belum di berikan nilai. Lalu pada y=2 memberikan nilai pada // x=1, y=2, z=? maka terlihat pada variabel y akan diisi dengan angka 2. Selanjutnya pada z=3 memberikan nilai pada // x=1, y=2, z=3 maka terlihat jelas pada variabel z sama dengan 3.

Baris selanjutnya pada variabel y=4 akan mengganti nilai variabel y pada // x=1, y=4, z=3. Lalu pada variabel x=z akan mengubah nilai variabel x menjadi 3 karena x sama dengan z yang bernilai 3 yang akan menjadi // x=3, y=4, z=3. Pada variabel z=5 akan mengubah nilai variabel z menjadi 5 yang akan menjadi // x=3, y=4, z=5.

Tampilan pada CMD-nya
Operator Pemberi Nilai - www dot romadhon-byar dot com
Tampilan Hasilnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Operator Pemberi Nilai
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Berikan komentar Anda tentang postingan ini :)